Featured Post

Cara Mengetahui Tipe Laptop Yang Mati Total

Gambar
  Anda sedang bekerja, tiba-tiba laptop mati. Tentu membuat tidak nyaman. Jika laptop mengalami mati total, berikut adalah beberapa langkah untuk mengetahui tipe laptop yang mati total: 1. Periksa daya: Pastikan laptop sudah terhubung dengan sumber daya yang memadai. Cek baterai laptop apakah sudah terisi penuh atau colokkan charger untuk melihat apakah lampu indikator menghidupkan. Jika tidak ada tanda-tanda kehidupan, lanjut ke langkah selanjutnya. 2. Periksa koneksi: Pastikan semua kabel dan koneksi yang terhubung dengan laptop dalam kondisi baik. Periksa kabel listrik, charger, dan kabel data untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kerusakan fisik. 3. Coba tombol power: Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik. Ada kemungkinan bahwa tombol power tidak berfungsi dengan baik, jadi pastikan Anda membaca manual laptop atau mencari informasi online untuk mengetahui cara menghidupkan laptop yang mati total. Baca Juga :  Tips Memilih Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa        

Tarombo Manullang

Silsilah Manapar Manullang
Huta Dairibagasan Narumonda Porsea Toba Samosir
Manullang No 15


Setiap marga-marga dan keluarga suku Batak pada umumnya pasti menurunkan tarombo dan silsilah keluarganya secara turun temurun. Tarombo diceritakan dari kakek ke bapak, dari bapak ke anak dengan harapan agar anak tau tarombonya, posisinya dalam kekerabatan orang batak khususnya jika kelak dia dewasa dan bertemu dengan orang yang satu marga dengan dia. Merupakan suatu aib/tihas bagi orang Batak jika tidak mengetahui tarombona atau silsilahnya. Kelak akan disebut orang Batak nalilu atau Dalle sebagai sebutan minor. Saya sendiri bermarga Manullang (sebagian memakai Simanullang, agar tidak bingung sama saja pake si atau tidak si). 

Kalau di kampung saya di Dairibagasan, kebanyakan dulu memakai marganya Manullang Dairi, karena menurut cerita, nenek moyang saya dulu berasal dari Bakara (sekarang masuk kabupaten Humbang Hasundutan) dengan Kecamatan Baktiraja(Bakara, Tipang, Janji raja). Dari Bakara mereka merantau bersama  saudaranya bermarga Sinambela dan Sihotang     ke Huta Dairi di Sidikalang. Di Sidikalang mereka berpisah dengan Sihotang dan sihotangnya menetap di sana. Sementara nenek moyang saya Manullang dan marga Sinambela meneruskan perjalanan hingga menetap di Dairibagasan sekarang Kecamatan Siantar Narumonda(d/h Kec. Porsea) Kabupaten Tobasa. Sementara marga Sinambela ini menetap di huta Pangasean Narumonda.


Kembali ke tarombo tadi, saya mau menuliskan tarombo saya dari Manullang untuk diingat oleh anak keturunan saya bahwa oppungnya sudah bisa menulis di dunia maya. Dahulu kan orang menulis di kulit kayu atau bambu, atau daun lontar. Saya adalah keturunan ke XV (15)  nomor 15 dari marga Simanullang. Berikut ini silsilah yang ada di keluarga saya.



I. RAJA MANULLANG/BR PASARIBU/BR NAINGGOLAN
1) Tuan Dilimang *** Lumban Ri / Boru ???
2) Pamuha Raja (Raja Panguhalan) Lumban Naungkup/ Boru Nababan
3) Raja/Datu Napasang *** Lumban Ri/ Boru Sianturi

II. PAMUHA RAJA (RAJA PANGUHALAN)/ BORU NABABAN
1) Juara Toba
2) Raja Ijolma
3) Datu Tala Ibabana
4) Bona ni Aek

III. RAJA IJOLMA / BORU NABABAN
1) Raja IMulana
2) Baginda Raja
3) Namora Oloan
4) Barita Ijolo
5) Sondi Baragas
6)RAJA IBEANGAN (yang berangkat ke huta Dairibagasan Narumonda Porsea)
7)Sihite Sileang/ Sunggu Sigolang
8)Raja Nawalu/Naualu

IV. RAJA IBEANGAN
1) Raja Sibagot


V. RAJA SIBAGOT
1) Raja Mulia
2) Guru Sininta


VI. RAJA MULIA/BR MARPAUNG
1) Puntajulu
2) Pubaragas
3)Putumording
4)Datu Hambing
5)Sangkar Tinodo (Anak adiknya yang diangkat/ditodo jadi anak) (salah satunya Kolonel Bonardo Dairi Manullang)

VII. PUTUMORDING
1) Pu Taronggal (salah satunya Prof Lauren Adolf/Timbul Manullang)
2) Pu Sunduruhon



VIII. PUTARONGGAL
1) Pu Niondolan
2) Pu Raja Iatas

IX. PU NIONDOLAN
1) Pujonggara
2) Pumoga

X. PUMOGA
1) Panatar
2) Puranjar

XI. PURANJAR
1) St. Andreas (Op. Laos)
2) St. Thomas (Op. Tambok)
3) St. Simon (Op. Rotua)

XII. ST. ANDREAS/BR MARPAUNG
1) Peter (Ama Jae/Op. Sipahotan)
2) Gongga (Ama Sauli)/ br. Harahap

XIII. PETER (AMA JAE/OP. SIPAHOTAN)/BR MARPAUNG

1*) Sauria (boru/Nai Pahotan) nikah ke marga Napitupulu
2) Jintar (Ama Edu)/ br. Siagian/br. L.Tobing
3*) Nai Tumindang(boru) nikah ke marga Sitorus
4*) Reniaty (boru) nikah ke marga Sianipar
5) Ferdinand"Pordin"/Br. Silaen (Ama ni INDAH Marintan/ Op. siParulian)
6*)Tiomsi "Nurmala" (boru) nikah ke marga Napitupulu
7*) Lusten (boru) nikah ke marga Marpaung
8) James Malon "Toni" 
XIV. FERDINAND "PORDIN" /BR.SILAEN (A. INDAH MARINTAN/OP.siPARULIAN)
1*) Putri Indah Marintan (boru)
2) Manapar Mallapar/Br. Silaen (Ama. Bonaventura Parulian)
3) Freddy Subutan/ Br.Silaen (Ama Flora)
4*) Tetty Asvita Triana (boru/ Nai Asoka) nikah ke marga Sinaga
5) Untung Jefri
6) Sumoring Pugaluta
7) Kamaruddin Ambolas

XV. MANAPAR MALLAPAR/ NORMA SILAEN (AMA BONAVENTURA PARULIAN)
1) BONAVENTURA PARULIAN
2) BINSAR CORNELIUS GOKLAS
3*) BELLVANIA FELICIA ULI (Boru)





Komentar

  1. Ai kak mastiur do tahe ito siakkangan? Dang na ito si edu??

    BalasHapus
  2. Ai kak mastiur do tahe ito siakkangan? Dang na ito si edu??

    BalasHapus
  3. Horas ma puang Manapar.Abang gembira mengetahui karena kau intetest atas tarombo. Silsilahmu kau gambarkan dengan detail. Adida menunjukan bahwa adinda adalah turunan ompung kita Pumoga anak dari Pujonggara cucu PuAbangmuniondolan abangnya Puraja Iatas.Abangmu Timbul Manullang adalah turunan Raja Itas. Tapiada sesuatu yang harus jawab, bahwa dari dulu abang panggil bapak mu uda, dan kau dan selevel mu abang panggil adik. Ompung si Jae panggil ompung saya ompu si Timbul angkang.Kenapa karena Pumoga adalah anaknya Puraja Itas menurut ompung kita O si Torongan anaknya Raja Pandua, dan itulah yang abang kumandangkan pada waktu besar dilaksanakan di Dairibagasan pada waktu pesta tugu besar anak sulung Puraja Iatas yaitu Pubatu Jong dimana Pumoga adalah adalah adinya Pubatu Jong ompung yang menurunkan abang. Tidak ada satu pun yang membantah itu pada pesta tersebut termasuk Salmon Manullang cucunya raja Pandua dan pesta itu juga dihadiri oleh Dagu Situmiar (Purba Manullang)dan abangnya Osi Jarunjung. Mungkin ada ceritera yang di diceriterakan oleh ompung kita dulu sama kalian bahwa Pumoga adalah anak ni Purjonggara. Tidak perlu kita pertentangkan ini tetapi yang penting kita tau yang sebenarnya.Horas abang, Timbul

    BalasHapus
  4. Abang sekarang sedang susun tarombo kita termasuk tingkatan tarombo ni pomparan ni Putumording dengan ompunta Pubaragas, jangan yang abang dipanggil ayah dan yang ompung dipanggil ayah, dan bapa uda dipanggil ito. ABang sudah dapat tingkatannya untuk diperbaiki.

    BalasHapus
  5. Pamuha Raja = Raja Panguhalan atau Op. Raja Panguhalan ? karena di tugu Pamuha Raja kalau gak salah di tulis (Op. Raja Panguhalan)...kalau Op. Raja Panguhalan itu berarti cucunya Pamuha Raja yg bernama Raja Panguhalan kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. horas ampara nangpe anonim goarmu..tontu boi ma dohonon, Simanullang Lumban Naungkup ma langkam asa disungkun songoni.. na denggan do sungkun-sungkun mon ampara.. Pamuha Raja=Raja Panguhalan=Op. Raja Panguhalan. Sasintongna sarupa doi, sada doi ibana, ima anak si nomor 2 ni Oppunta Simanullang..Pamuha Raja gelar pemberian sian Ompunta Sisingamangarja doi... Taringot Op. Raja Panguhalan, gelar panggilan kehormatan doi Ompu, dang na pahompuna Raja Panguhalan.. alana panggilan Ompu, panggilan kehormatan tu angka raja dohot namarsahala do i... sarupa doi biasa hita manjou Ompu i Ephorus HKBP, dang na pahompuna si Ephorus gabe ijou ibana Oppui Ephorus...penghormatan doi... antar hera songonima partordingna tu oppunta Raja Panguhalan

      Hapus
  6. Apakah abg tinggal di dairibagasan, mohon info bg' saya kurang paham tarombo. Makam op saya di dairibagasan kata bapak saya tetapi saya belum pernah ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bah horas ampara, perkenalhon jo antong ise do dirim, ise ompungmu, asa boi binoto partuturonta... Jolo niritip sanggar baen huruhuruan, jolo sinungkun marga asa binoto partuturon...au tinggal di Depok do saonari, alai di Dairibagasan do magodang sampe tammat kuliah, 2005 pe mangaranto, jao boi dope botoon ise ompungmu molo dipaboa langkam rendyleo888..

      Hapus
  7. Raja ijolma molo so salah au Namboru Nami do dialap Nasida (Br.NABABAN)

    BalasHapus
    Balasan
    1. horasma tulang Fetrich Nababan,... mauliatema di informasim on.. nga hu update be

      Hapus
  8. Adong perbedaan ni gambar dohot tulisan di halaman on hubereng among,
    Horas Tuan Dilimang 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas anaha..ai ma memang, anggo najolo dipatorang among nahinan, ia anak di ompunta Simanullang: Lumban Ri dohot Lumban Naungkup do.. Jadi ise ma siangkangan? ido asa hubaen tanda bintang di si *** Tuan Dalimang do, anggo pandohan ni among.. Jala Nabaru on pe pajumpang iba tu sada natua-tua sian Bakara pomparan ni Op Raja Ijolma Raja IMulana, Tuan Delimang do anggo naparjolo tubu inna mandok tu au.. Alai dung sahat iba di parserahan on, gabe Raja Napasang do manjou Uda tu iba,... dang pola dibuatton i, sada roha ma hita angka pomporan ni oppu i..

      Hapus
    2. Alai hami Raja Ibeangan, sada dope hami sahat tu saonari, Tuan Dilimang do dihami Siangkangan ni Oppunta Simanullang

      Hapus
  9. Horas...
    Sattabi jo appara doli...
    Sian dia do dalanna Sihite Siguruleang gabe Sunggu Sigolang?
    Au Sihite Siguruleang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas abanganda. Dada parigat-parigat bulung Parigat-rigat bulung ni Gaol, dada pasigat-sigat hinalungun manang parukkar hinadangol. Alai nangpe songoni porludo paboaon hasintongan. ai sejarah do on. Jadi sejarahna Raja I Jolma ima pahompu ni Simanullang holan baoa anakna sampe 7 sahat tu na paualuhon pe tongdo baoa ima asa idok Raja Naualu (anak ke 8 Raja Ijolma), sementara sian pomparan ni Sihite holan borua sude natubu sampe papituhon.

      Jadi laoma marburu tu tombak oppunta Raja I Jolma dohot Sihite. Hape sarupa rampak denggan pamatang angka paniaran ni nasida. Jala rampak tubu ma. Jadi andorang so ipaboa tu tungga ni dolina, martukkar anakma inanta na dua on.

      Anak ni simanullang ima Sunggu Sigolang dilean ma tu paniaran ni Sihite, sementara boru ni sihite dilean ma tu paniaran ni Raja Ijolma on. Dipaboa ma tu tungga ni dolina naung tubu anak di sihite, jala boru di simanullang.

      Las situtu ma roha ni angka amantana mabege barita i, ai nungga sai masihol rohana maranak dohot marboru. Songonima sahat tu namagodang gabe Sihite ma si Sunggu Sigolang, jala gabe boru Simanullang ma boru sihite hinan.

      Tep ma dung piga-piga tingki, marsoalma inanta ni sihite on dohot ina-ina situtung gadong. idokma :"Ai na irimpu rohamdo anakmu i, ai na ilean doi. Ai anak ni simanullang doi, namartukkar do hamuna". "Ai hubege do sudena i angka namasa i, ai pasma manutung gadong au dibara nijabu na martukkar anak dohot boru i hamu" inna inanta situtung gadong i tu inanta ni sihite on dibege situan natorop.

      Gabe sarma barita i jala gabe tarbotoma na marga simanullang do Sihite Sileang= Si Lean ( na ilean do i). Sunggu Sigolang do anggo goarna. Jadi ala dang setuju ompu nami ima Raja Ibeangan, na gabe moru bilang-bilang ni anggina, naeng iseat ma sude angka anak ni Raja Ijolma. Ai ijalo nasida do gabe boru manullang boru Sihite na itukkar nangkinan i alana balga sinamotna.

      Irahutima Raja Ibeangan dohot beang manang pasungan (dipasung), idabu jala inongnongma Raja Ibeangan tu Tao Toba asa mate. Hape boi ibana malua, ai nasakti do tong ibana. Ido gabe goarna Raja Ibeangan. Ai boi ibana malua sian beang (pasungan). Mabiarma sude angka hahana.

      Ala naung ijalo do bolina/sinamot massai balga, hape nga i titi ari lao marhamulian ibotona boru sihite hian, alai dang setuju Raja Ibeangan, anggina gabe marga Sihite. Asa boi mardalan pesta i, ingkon lao ma ibana maninggalhon Bakkara.

      lao ma ibana berkelana tu habinsaran tu Narumonda. Isi ma ibana sempat marhuta, Ima huta Dairibagasan Porsea saonari. Laos marga Dairi do marga ni keturunanna. Najolo niingot dope molo hami di dokdo si Dairi. Alai rata-rata saonari Manullang/Simanullang nama ibaen hami marga nami di ijazah manang Akte lahir alai adong do tong mambaen Manullang Dairi.

      Songonima cerita sejarah singkat ni Sihite Si lean manang Sihite Sileang. Hurang lobina bah marsantabi iba tu angka haha doli Sihite. Jas Merah. Jangan Sekali kali meninggalkan Sejarah.

      Horas tondi madingin pir tondi matogu
      Sai Tuhan ma na mangiring-iring asa leleng hita mangolu

      Hapus

Posting Komentar